iden

 

 

 

 

Mayoritas anak-anak masyarakat Suku Baduy yang terletak di wilayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten  hingga sekarang masih banyak yang belum memiliki akta kelahiran. Ini disebabkan bagi sebagian besar masyarakat Suku Baduy tidak terlalu menganggap penting hak anak, salah satunya adalah akta anak.

Tak hanya akta kelahiran, sebagian besar orang tua dari anak-anak suku Baduy tersebut juga lebih memilih mengajak anak-anaknya pergi ke ladang untuk bertani daripada mengajak untuk bersekolah. Akhirnya, tingkat pendidikan para orang tua yang tergolong minim ini 'menurun' pada generasi selanjutnya.

Sebagaimana kita ketahui, akta kelahiran adalah syarat administrasi kependudukan dan juga syarat untuk bisa bersekolah. Karena para orang tua ini enggan mengurus akta kelahiran, maka tak mengherankan jika akhirnya jarang sekali anak-anak Suku Baduy yang bersekolah. Mereka berpendapat  bahwa mengurus akta kelahiran bukanlah sesuatu yang penting karena keseharian mereka hanyalah berladang.

Namun tak semua masyarakat Suku Baduy bersikap seperti itu. Kini masyarakat Baduy sudah mulai banyak peduli dengan pemenuhan hak anak, salah satunya adalah mengurus akta kelahiran. Pemerintah Kabupaten Lebak terus menerus mensosialisasikan pemenuhan hak-hak anak ke masyarakat Suku Baduy dengan mempermudah pengurusan akta kelahiran tanpa disertai biaya apapun. Dengan langkah-langkah semacam ini diharapkan pemenuhan hak-hak anak di wilayah-wilayah terbelakang bisa segera terwujud.