iden

Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, sebagai daerah dengan komposisi jumlah penduduk yang beragam, menyangga persoalan sosial yang tidak sederhana. Hal ini disebabkan karena Kelurahan Menteng mempunyai kawasan yang cukup luas dan terletak di tengah-tengah kota Palangka Raya dimana salah satu masalah yang menjadi perhatian kita adalah maraknya kasus penggunaan narkotika dan adanya pelanggaran terhadap hak-hak anak seperti penelantaran anak karena alasan ekonomi, tidak terpenuhinya hak sipil anak seperti tidak mempunyai akta kelahiran karena sudah tidak mempunyai orang tua lagi ataupun tidak diurus orang tua akibat berbagai faktor seperti kemiskinan, beragamnya pendidikan, pergeseran nilai moral, masalah sosial budaya, gaya hidup dan makin besarnya jumlah penduduk yang mempersempit lapangan pekerjaan, membuat anak rentan terhadap permasalahan traficking dan kekerasan lainnya. Disamping itu pula jika ada tindak kejahatan kekerasan seksual terhadap anak, keluarganya mungkin saja menutup-nutupi karena ada perasaan malu sehingga kasus-kasus seperti ini tidak muncul ke permukaan.

Sejak November 2016 s/d Oktober tahun 2018 ada beberapa kegiatan yang sudah kami lakukan seperti melaksanakan mediasi tentang hak asuh anak, KDRT, audiensi serta sosialisasi perlindungan anak terutama yang menyangkut masalah kekerasan terhadap anak dan penggunaan narkoba .

Selanjutnya untuk peningkatan kerjasama/kemitraan antara pihak terkait khususnya aparat pemerintah dan pihak terkait lainnya seperti P2TP2A, DAD, LSM dan lainnya dalam upaya memperkuat pencegahan dan penangananan kasus-kasus kekerasan terhadap anak di level komunitas maka akan dilakukan kegiatan audiensi dan survey atau pemetaan di beberapa tempat dalam kelurahan menteng. Kegiatan ini penting dilakukan sebagai tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi di masyarakat dan di sekolah.

Pencatatan perkembangan kasus dan rencana tindak lanjut akan dibuat setiap dilakukannya pertemuan antar aktivis . Hasil dari ini membantu Tim untuk melakukan tindakan lanjutan serta dapat terus mengawal proses yang masih belum selesai.