iden

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Barat menggelar acara Gelar Kreativitas Anak Forum Anak Kota Administrasi Jakarta Barat yang berlangsung di RPTRA CABE RAWIT Komplek Perumahan Bojong Indah Kelurahan Rawa Buaya Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat, Minggu (29/7/2018)

Hadir dalam acara tersebut, Sekertaris Komisi Penanggulangan AIDS Jakarta Barat, Soekarno, PLT Kasudin PPAPP Jakarta Barat; Jumadi, Sekkel Rawa Buaya; Ahmad Subhan dan Aiptu S. Suhartopo, Babinkamtibmas Kelurahan Rawa Buaya. 

PLT Kasudin PPAPP Jakarta Barat, Jumadi, mengatakan bahwa tujuan diadakan acara ini untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat anak-anak dalam berkreasi dan berinovasi. Gelar kreativitas anak ini pada dasarnya untuk mengajak mereka supaya ditingkatkan kreativitasnya. Kreativitas anak-anak yang dipentaskan di acara ini adalah Seni Musik Religi Marawis dari Kelurahan Grogol Petamburan, Seni Tari dari Kelurahan Rawa Buaya, Seni Musik anak penyandang disabilitas dari Kelurahan Rawa Buaya, Seni Pencak Silat Cingkrig dari Kelurahan Kebon Jeruk, Seni Tari Kreasi dari Kelurahan Kedoya Utara dan Musikalisasi Puisi dari Kelurahan Cengkareng Barat.

Jumadi juga menambahkan bahwa dalam memanfaatkan RPTRA ini, para pengelola harus selalu bersinergi atau begandengan tangan untuk melatih anak-anak, mulai dari usia dini hingga remaja sehingga acara ini adalah saat puncak untuk dipentaskan. Belaiau juga menyatakan apresiasinya yang luar biasa atas terselenggaranya acara seperti ini.

“Menurut saya prestasi ini luar biasa, ada yang bisa puisi, ada yang bisa menari, terlebih ada anak Berkebutuhan Khusus yang pandai menyanyi dan memainkan alat musik Drum dan Organ. Tentunya sangat luar biasa sekali sehingga bisa menginspirasi teman teman yang lainnya,” katanya.

Selain itu anak-anak juga diajak berpartisipasi sebagai pelapor dan pelopor. Partisipasi anak sebagai pelopor terbukti dengan mencontohkan diri membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan sebagai pelapor anak bisa diperbantukan sebagai media informasi bagi teman-teman yang belum memiliki akte kelahiran. Dalam acara tersebut juga diadakan pemberian sejumlah akte lahir dan Kartu Identitas Anak secara Simbolis yang dilakukan oleh Sudin Dukcapil Jakarta Barat dengan diwakilkan ke Sekertaris Kelurahan Rawa Buaya.

Jumadi mengungkapkan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun 2018, Jakarta Barat mendapatkan Penghargaan KLA dengan Kategori Pratama yang diserahkan di Surabaya Jawa Timur.